Halaman

Minggu, 27 Januari 2013

Angklung Alat Musik Masa Depan

       Angklung adalah alat tradisional yang berasal dari Jawa barat. Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu). Angklung terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO sejak November 2010.

Secara modern mungkin alat musik asli indonesia ini kurang populer di banding alat musik lainnya seperti gitar dan piano. Memang tidak mudah mempopulerkan alat musik asli indonesia ini. Minat para anak muda pun sangat kurang. Padahal alat musik angklung cukup mudah dimainkan, dibandingkan alat musik lainnya seperti gitar yang membutuhkan ketrampilan lebih untuk bisa memainkannya.


        Inilah salah satu kegiatan non akademik yang diajarkan di PSPA Bima Sakti, Batu. Kegiatan ini sangat bagus terutama untuk mengenalkan dan mempopulerkan alat musik asli Indonesia ini pada anak-anak. Saya berharap nantinya akan banyak sekolah-sekolah yang mengajarkan alat musik angklung ini ke murid-muridnya. Pasalnya alat musik ini cukup mendapat perhatian di dunia seni musik. Jika kita melihat di Youtube cukup banyak video tentang alat musik angklung yang kita temukan, dari membawakan lagu-lagu tradisional sampai lagu modern yang terbaru dan terpopuler, bahkan ada yang membawakannya solo, memadukannya dengan musik band sampai musik orkestra dan beberapa video di lansir tampil di luar negeri. Maka, tidak mustahil jika nantinya angklung akan menjadi alat musik yang populer juga. 

      Jika di dunia musik kita menganal dewa gitar Slash GNR ataupun Maxim Lubarsky seorang pianis master, mungkin suatu saat nanti bakal ada musisi angklung yang menjadi maestro dan tentu saja saya berharap berasal dari Indonesia.

 

 Penampilan angklung anak-anak PSPA Bima Sakti Angkatan I, 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon komentarnya...